Para penggemar mobil pada beberapa tahun belakangan ramai membicarakan tentang fitur cruise control yang sudah disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Fungsi cruise control ini menjadi salah satu bukti betapa pesatnya perkembangan teknologi, khususnya di bidang otomotif. Banyak orang percaya, adanya fitur cruise control dapat memberikan kenyamanan saat berkendara. Jadi, apa sebenarnya cruise control dan apa manfaatnya?

Mengenal Fitur Cruise Control dan Kegunaannya pada Mobil Anda

Cruise control adalah teknologi baru yang diaplikasikan pada mobil, yang fungsinya dapat mengatur kecepatan mesin dengan stabil tanpa Anda harus menginjak pedal gas. Cruise control disebut pula speed control atau jelajah otomatis. Meski namanya berbeda, fungsinya tetap sama.

Jadi, saat Anda berkendara ratusan kilometer dalam jarak jauh, Anda tak perlu lagi menginjak pedal gas terus menerus. Adanya fitur ini jelas membuat Anda jadi lebih nyaman, tak mudah merasa lelah, juga tidak membuat kaki Anda kaku dan sakit. Berikut fungsi cruise control lainnya: 

  • Menyetir Jadi Tidak Melelahkan

Fitur Cruise Control jelas sangat berguna pada saat perjalanan jauh. Akan tetapi dengan catatan jalur yang Anda lalui dalam kondisi lengang atau kosong. Jika kondisi kendaraan lalu lintas cukup padat, fitur ini menjadi tidak efektif.

Fitur ini mampu membantu Anda untuk relaksasi kaki sejenak dengan tidak menginjak pedal gas. Perlu diketahui ada batas kecepatan minimum yang harus dipatuhi dalam menyalakan cruise control ini karena awalnya fitur ini diperuntukkan bagi kendaraan di negara-negara yang memiliki tingkat kepatuhan lalu lintas terhadap pembatasan kecepatan. Tetapi, Anda berkendara di Indonesia, maka Anda perlu hati-hati dalam mengaktifkan fitur ini. 

  • Efektif Digunakan di Jalur Bebas Hambatan

Umumnya kecepatan minimum yang harus dicapai untuk mengaktifkan sistem kendali jelajah adalah 60 km / jam. Meski fitur ini sebenarnya bisa diaktifkan pada kecepatan 40 km / jam, namun batas kecepatan minimum untuk jalan tol di Indonesia adalah 60 km / jam. Saat kecepatan minimum tercapai, cukup tekan tombol Cruise Control sambil menekan tombol SET untuk mengaktifkannya.

Jika Anda menekan tombol ini, sistem kendali otomatis akan langsung aktif dan mobil akan melaju secara otomatis pula. Inilah yang membuat fungsi ini menjadi sangat efektif di jalan raya dan jalan tol untuk perjalanan dengan jarak jauh. Untuk menonaktifkannya, tinggal tekan lagi tombol SET atau tekan pedal rem, dan pengatur kecepatan mobil langsung kembali kepada Anda.

  • Tidak Boleh Digunakan Saat Hujan

Fungsi ini sebaiknya tidak digunakan pada saat hujan deras, karena jika mengenai genangan air, mobil dapat tergelincir dan berbahaya bagi keselamatan Anda. Pasalnya, jika Anda menerobos genangan air, Anda harus memperlambat kecepatan dengan melepas gas alih-alih melakukan pengereman.

  • Memiliki Sensor untuk Mendeteksi Jarak Kendaraan yang Ada di Depannya

Mobil dengan cruise control sudah dilengkapi dengan sensor tertentu. Sensor ini biasanya menggunakan teknologi laser yang memungkinkan mobil mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depannya. Saat mobil sudah berada terlalu dekat dengan mobil lain tersebut, mobil akan mengerem sehingga Anda bisa mengambil alih kendali. Begitu pula ketika mobil mendeteksi jarak ke mobil di depan terlalu jauh, maka mobil akan menambah kecepatan.

Fungsi cruise control memang menjadi solusi untuk mengurangi kelelahan saat harus berkendara di jalan raya yang panjang dan lurus. Dengan mengaktifkan fungsi ini, Anda bisa mengistirahatkan kaki sejenak sambil memfokuskan pada kondisi lalu lintas sekitar.